Sistem New Normal untuk Pekerja 
Sistem New Normal untuk Pekerja 

Centralgoal – Sistem New Normal Indonesia dimulai untuk menjaga roda perekonomian,Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Panduan Lengkap Sistem New Normal untuk Pekerja 

Sistem New Normal untuk Pekerja 
Sistem New Normal untuk Pekerja

Terawan mengatakan panduan yang diterbitkan ini bertujuan untuk memutus rantai penularan COVID-19. Dalam aturan juga disebutkan jika masih ada pekerja esensial yang harus tetap bekerja selama pembatasan sosial skala besar (PSBB) berlangsung maka pekerja juga harus mengatur asupan nutrisi makanan yang diberikan oleh tempat kerja.

“Pilih buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu dan sebagainya untuk mempertahankan daya tahan tubuh. Jika memungkinkan pekerja dapat diberikan suplemen vitamin C,” ujar Terawan dalam KMK tersebut dikutip Minggu (24/5/2020).

Selain itu manajemen juga harus memantau dan memperbaharui perkembangan informasi COVID-19 di wilayahnya.

Hubungi Kami, Untuk Main Judi Sekarang! SIAP MELAYANI 24 JAM..

Flower

Manajemen harus membentuk tim penanganan COVID-19 di tempat kerja yang terdiri dari pimpinan, bagian kepegawaian, bagian K3 dan petugas kesehatan yang diperkuat dengan surat keputusan dari pimpinan tempat kerja.

Indonesia bersiap memasuki era new normal sehingga roda perekonomian harus tetap berjalan dengan adanya langkah-langkah pencegahan. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun mengeluarkan beleid terkait panduan pencegahan dan pengendalian COVID-19 di tempat kerja.

Di lansir dari website Sekretariat Kabinet, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan dunia usaha dan masyarakat pekerja memiliki kontribusi besar dalam memutus mata rantai penularan karena besarnya jumlah populasi pekerja dan besarnya mobilitas.

Selain itu interaksi penduduk umumnya terjadi karena adanya aktivitas bekerja.

“Tempat kerja sebagai lokus interaksi dan berkumpulnya orang merupakan faktor risiko yang perlu diantisipasi penularannya,” katanya di Jakarta, Sabtu (23/5).

Panduan pencegahan penularan Covid-19 secara rinci antara lain :

Panduan Lengkap Sistem New Normal untuk Pekerja 
Panduan Lengkap Sistem New Normal untuk Pekerja
A. Selama PSBB bagi Tempat Kerja

a. Kebijakan Manajemen dalam Pencegahan Penularan Covid-19

  1. Pihak manajemen agar senantiasa memantau dan memperbaharui perkembangan informasi tentang Covid-19 di wilayahnya. (Secara berkala dapat diakses di https://infeksiemerging.kemkes.go.id. dan kebijakan Pemerintah Daerah setempat).
  2. Pembentukan Tim Penanganan Covid-19 di tempat kerja yang terdiri dari Pimpinan, bagian kepegawaian, bagian K3 dan petugas Kesehatan yang diperkuat dengan Surat Keputusan dari Pimpinan Tempat Kerja.
  3. Pimpinan atau pemberi kerja memberikan kebijakan dan prosedur untuk pekerja melaporkan setiap ada kasus dicurigai Covid-19 (gejala demam atau batuk/pilek/nyeri tenggorokan/sesak nafas) untuk dilakukan pemantauan oleh petugas kesehatan.

4. Tidak memperlakukan kasus positif sebagai suatu stigma.

5. Pengaturan bekerja dari rumah (work from home).

Menentukan pekerja esensial yang perlu tetap bekerja/datang ke tempat kerja dan pekerja yang dapat melakukan pekerjaan dari rumah dan siap-siap dengan Sistem New Normal.

b. Jika ada pekerja esensial yang harus tetap bekerja selama PSBB berlangsung:

  1. Di pintu masuk tempat kerja lakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermogun, dan sebelum masuk kerja terapkan Self Assessment Risiko Covid-19 untuk memastikan pekerja yang akan masuk kerja dalam kondisi tidak terjangkit Covid-19.
  2. Pengaturan waktu kerja tidak terlalu panjang (lembur) yang akan mengakibatkan pekerja kekurangan waktu untuk beristirahat yang dapat menyebabkan penurunan sistem kekebalan/imunitas tubuh.

    Bagi kamu yang tertarik dengan permainan online seperti Mobile Legend, DOTA, PUBG, AOV, FIFA 2020, PES 2020 kamu wajib daftarkan diri di situs permainan online WAMA88. Kamu akan mendapatkan keuntungan dan keseruan cukup kamu di rumah aja atau mempersiapkan diri untuk sistem new normal.