Deprecated: trim(): Passing null to parameter #1 ($string) of type string is deprecated in /home/goalz66/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/src/presenters/open-graph/image-presenter.php on line 102

Tips Mengelola Stres Saat Isolasi Diri di Rumah Karena Virus Corona ada 6

8 Tips Kelola Stress Akibat Corona
8 Tips Kelola Stress Akibat Corona

Tips mengelola stres karena derasnya informasi secara terus menerus tentang virus corona atau Covid-19 yang terjadi di hampir seluruh belahan dunia, dapat mengganggu emosional dan menyebabkan stres hingga kelelahan fisik.

Selain itu masyarakat diminta untuk melakukan physical distancing atau menjaga jarak fisik demi memutus mata rantai penyebaran virus tersebut seperti ibadah di rumah, belajar di rumah, hingga bekerja dari rumah, juga dapat memicu datangnya stres.

Untuk itu kita harus mampu mengelola kesehatan mental agar selama pandemi ini kita tidak merasa stres. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda mengelola tingkat stres selama masa isolasi bekerja di rumah. Meski, setiap orang akan mengalami tingkat stres secara berbeda, sehingga penting untuk diingat bahwa masing-masing orang perlu mengetahui tingkat stres masing-masing:

1. Tips Identifikasi gejala stres

Nyeri gigi, berat badan naik, sakit kepala, perubahan suasana hati, sakit punggung, nyeri leher, hingga kurang tidur adalah sinyal bahwa sahabat Fimela mengalami stres. Mengidentifikasi gejala ini akan membantu mengetahui kapan saatnya mempraktikkan beberapa strategi untuk menurunkan stres.

Tips untuk mengurangi stress
Tips untuk mengurangi stress

2. Mencari Penyebabnya

efek-stress-bagi-kesehatan
efek-stress-bagi-kesehatan

Jika bekerja dari rumah atau menonton berita dan merasa cemas, jengkel, atau mengalami sakit kepala atau leher, maka segera berdiri dan berhenti sejenak. Berjalan-jalan di kebun, mendengarkan musik, atau pergi ke tempat yang tenang untuk bersantai dapat membantu mengatur ulang kondisi mental dan siap kembali bekerja.

3. Mengatur jadwal

stress-kerja
stress-kerja

Menjadwalkan ulang kegiatan sehari-hari dengan beristirahat yang cukup dari pekerjaan, menonton atau membaca berita, dan bersosial media. Terhubung dalam 24 jam sehari dapat menyebabkan ketegangan mental dan kecemasan. Luangkan waktu untuk bersantai dari kegiatan yang membosankan setiap harinya, dengan berbicara atau bersosialisasi bersama sahabat melalui online dapat membantu meningkatkan suasana hati.

4. Melakukan kegiatan yang positif

Melakukan Meditasi selama di rumah
Melakukan Meditasi selama di rumah

Menghabiskan waktu untuk mencari kegiatan yang baru atau melakukan hobi . Mengubah fokus pada kegiatan yang baru dapat membantumu rileks dan merasa bersemangat seperti mempertimbangkan mencoba resep baru, membersihkan rumah, atau berpartisipasi dalam pelatihan online untuk mengurangi stres dan membantu merasa lebih segar.

5. Berkumpul Bersama Keluarga

Quality Time With Family
Quality Time With Family

Di tengah kesibukan setiap hari membuat Anda jarang untuk meluangkan waktu khusus bersama keluarga. Untuk itu, ketika Anda berkumpul dan meluangkan waktu bersama keluarga tentu masing-masing akan update mengenai kehidupannya dan keharmonisan keluarga pun akan bertambah.

6. Menjaga Rutinitas Untuk Kesehatan

Menjaga Rutinitas kesehatan selama  virus corona
Menjaga Rutinitas kesehatan selama virus corona

Di tengah-tengah perubahan yang tidak terkontrol, tetap konsisten dengan kegiatan yang dilakukan. Jika bekerja dari rumah, buatlah rutinitas harian. Bertindak seolah-olah akan bekerja. Bangunlah pada waktu yang biasanya dilakukan, tidak perlu mengenakan pakaian kerja. Buat meja kerja yang terhindar dari gangguan agar tetap fokus dan jangan lupa tetap beristirahat sejenak selama bekerja di rumah.

Related Articles


Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/goalz66/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420